WELCOME TO MY BLOG, PLEASE COMMENT AND ENJOY

Web & Jaringan Internet

Web

Web merupakan salah satu layanan internet yang sangat populer di zaman sekarang ini. Karena  kepopulerannya maka layanan ini menjadi media yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan  lembaga, perusahaan, dll. Fasilitas ini juga memungkinkan kita mengakses informasi dan data lebih efektif dan efisien


Pengertian Web

Web atau yang lebih dikenal dengan world wide web (www) adalah suatu metode yang dipakai pengguna komputer untuk terhubung ke internet dan menampilkan informasi yang ada pada internet, baik berupa teks, gambar, suara maupun video yang interaktif  dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext).

Informasi yang disajikan melalui browser dibangun dengan bahasa semi pemrograman HTML (Hyper Text Markup Language), dan kemudia ditingkatkan fungsinya dengan menyisipkan kode - kode bahasa pemrograman web, seperti PHP, ASP, JSP, dll, sehingga mampu menampilkan inforamsi yang lebih interaktif dan dinamis serta terhubung dengan database.

Web menggunakan server dalam menjalankan tugasnya. Server tersebut menggunakan protocol HTTP yang menggunakan arsitektur client-server, yaitu sebuah web server yang dapat memberikan layanan HTTP yang di minta oleh aplikasi client. Web server itu sendiri adalah sebuah aplikasi untuk mengatur transfer data web yang di minta dari komputer client dan di berikan oleh server sesuai dengan apa yang diminta oleh komputer client. Contoh web server itu seperti :
  1. Microsoft Windows Server 2003
  2. Apache Tomcat
  3. Xitami Web Server
  4. Zeus Web Server
  5. Lighttpd
  6. Sun Java System Web Server
  7. Dan masih banyak lagi  

Sejarah Web

Penemu situs web adalah Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.

Istilah - Istilah Pada Web


1. Penjelajahan Web

Untuk membuka web pagee diperlukan web browser untuk membukannya. Browser itu sendiri adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses web, contohnya seperti IE (Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dll.

2. Alamat Web ( Web Addresses)

Web mempunyai sebuah alamat yan unik yang disebut URL (Uniform Resource Locator) . Setiap halaman mempunyai URL yang berbeda. Jadi URL merupakan alamat dari suatu web.

3.  Navigasi Web

Pada umumnya isi dari web page berupa hypertext atau hypermedia yang mengandung link suatu adio, gambar dan video. Hyperlink biasanya ditandai dengan kaya yang bergaris bawah.

4. Pencarian Web

Untuk mencari sesuatu di web diperlukan search engine / mesin pencari untuk mencarinya. Search engine membutuhkan suatu kata kunci untuk mencari web. Contoh pada saat ini yaitu Google, Yahoo, Bing, dan masih banyak lagi.

5. Domain

Domain merupakan nama unik yang dimiliki oleh setiap website untuk memudahkan manusia dlam mengingat suatu website, contoh domain seperti .net, .id, .org, dll.


Tipe - Tipe Web

Pada zaman yang modern ini terdapat begitu banyak jenis web yang dapat dijumpai. Mulai dari web yang berisi konten berita, permainan hinggan web yang digunakan untuk tujuan bisnis. Berikut beberapa tipe web yang ada :
  1. Portal
  2. News
  3. Informational
  4. Bussiness / Marketing
  5. Blog
  6. Wiki
  7. Online Social Networks
  8. Educational
  9. Entertainment
  10. Advocay
  11. Web Application
  12. Personal

Jaringan Internet

Jaringan merupakan sekumpulan komputer yang dapat saling berhubungan antara satu dengan lainnya dengan menggunakan media komunikasi, sehingga dapat saling berbagi data, informasi, program, dan perangkat keras (printer, harddisk, webcam, dsb). Tujuan jaringan untuk memudahkan pengguna komputer untuk saling berbagi sumber daya yang terdapat di jaringan seperti printer, file/ data dan sebagainya.


Jaringan Berdasarkan Hubungan fungsional


1. Jaringan Peer-to-Peer

Kedudukan setiap komputer yang terhubung dalam jaringan adalah sama. Tidak ada komputer yang menjadi pelayan utama (server). Sehingga semua komputer dalam jaringan dapat saling berkomunikasi dan berbagi penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak.

2. Jaringan Client Server

Pada jaringan client-server terdapat sebuah komputer yang mengatur semua fasilitas yang tersedia dalam jaringan komputer, sepertikomunikasi, penggunaan bersama perangkat keras dan perangkat lunak serta mengontrol jaringan. Komputer ini dinamakan server. Semua komputer lain selain server disebut client.

Jaringan Berdasarkan Area


1. Local Area Network (LAN)

LAN merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup terbatas (area lokal) hanya kurang dari 1 km. Tipe jaringan ini banyak dipakai pada gedung perkantoran, warnet, Lab komputer sekolah, rental komputer,dsb

2. Metropolitan Area Network (MAN)

MAN merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup yang cukup jauh biasanya hingga 100 km. Tipe ini digunakan untuk membangun jaringan komputer antar gedung, dalam satu kota, atau antar kota yang berada pada jangkauannya. Jaringan in biasanya digunakan oleh perusahaanperusahaan besar seperti perbankan, BUMN, dll.

3. Wide Area Network (WAN)

Jaringan ini merupakan jaringan yang terbesar karena mencakup radius antar negara bahkan benua tanpa batasan geografis seperti jaringan lain biasanya hingga 1000 km. Dalam beberapa hal, WAN dapat dikatakan Internet.

Jaringan Berdasarkan Metode Koneksinya


1. Jaringan Berkabel

Jaringan yang menggunakan kabel untuk menghubungkan anggota anggota jaringan.

2. Jaringan Nirkabel

Jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan.

Topologi Jaringan

Topologi jaringan merupakan Topologi jaringan merupakan diagram yang mewakili cara komputer terhubung dalam jaringan. Macam-macam topologi jaringan diantaranya yaitu

1. Star Topology (Topologi Bintang)

Star Topology (Topologi Bintang) merupakan sekumpulan komputer yang dihubungkan dengan komputer yang berada pada pusat konfigurasi yang berbentuk bintang yang berperan sebagai pengontrol komunikasi dan memberikan layanan   bagi komputer lain

2. Ring Topology (Topologi Cincin)

Ring Topology (Topologi Cincin) merupakan sekelompok komputer yang saling terhubung dan membentuk konfigurasi cincin, dimana salah satu berperan sebagai server

3. Bus Topology (Topologi Bus)

Bus Topology (Topologi Bus) merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung pada kabel khusus (bus), dimana salah satu komputer berperan sebagai server

4. Tree Topology (Topologi Pohon)

Tree Topology (Topologi Pohon) merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung dan membentuk konfigurasi pohon
  

Penerapan Jaringan Internet


Pada zaman yang modern ini banyak sekali kegunaan jaringan internet bagi kehidupan sehari - hari seperti yang telah sedikit di singgung diatas, banyak sekali kegunaan jaringan. Di dalam perusahaan misalnya, jaringan dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dengan adanya E-Commerse atau bisnis online, selain itu juga dapat meningkatkan komunikasi antar karyawan, meningkatkan banyak perusahaan untuk melakukan kerjasama/ bisnis secara elektronis antar perusahaan, dapat meningkatkan kegiatan bisnis perusahaan dengan consumers melalui internet, misal toko buku, airlines, perusahaan musik, dll.

Pada mobile atau gadget penerapan jaringan internet juga terasa sangat bermanfaat yaitu karena adanya pengaplikasian mobile network. Mobile network menggunakan teknologi tanpa kabel atau wireless, dimana udara yang menjadi media pengiriman datanya. Dalam hal ini biasanya user menggunakan wireless network. Dengan adanya hal ini pengaksesan internet akan sangat mudah dimanapun kita berada.  semua orang dapat melakukan aktivitasnya seperti: browsing ke internet, membaca atau mengirimkan e-mail ke rekan-rekan bisnis, melakukan teleconference, koneksi ke jaringan Instant Messenger milik Yahoo, MSN, Google, dll.

SUMBER : 

0 komentar :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Blog Saya



GUNADARMA UNIVERSITY















About Me

Popular Posts