Desain Pemodelan Grafik
(1) Pengertian Desain Pemodelan Grafik
Jika diartikan dari kata per
kata,
- Desain itu
sendiri berkaitan dengan perancangan atau bisa dibilang proses dalam
menciptakan suatu objek baru yang melibatkan kreatifitas kita.
- Pemodelan,
jika dilihat kata dasarnya yaitu model yang berarti objek. Pemodelan bisa
diartikan sebagai tahap pembentukan suatu objek.
- Grafik berkaitan
dengan garis-garis, tanda dan huruf, yang merupakan penyajian suatu data.
Jadi, Desain Pemodelan Grafik merupakan
salah satu teknik dalam pembuatan sebuah objek, membuat sebuah gambar, dan
memanipulasi gambar yang sudah ada dimana nantinya akan bisa terlihat seperti
hidup. Yang dimana semua prosesnya dilakukan oleh komputer.
Dalam hal pemodelan grafik, pasti tidak
jauh dari kata grafik komputer. Yang memiliki makna sebuah proses pembuatan,
penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Dimana model itu sendiri berasal
dari beberapa bidang seperti fisik, artistik, matematika sampai stuktur
abstrak.
(2) Prinsip dan Unsur Desain Grafik
Prinsip Desain Grafik
(+)
Kesederhanaan
Banyak
pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain. Hal ini
sangat logis demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang
disampaikan. Dalam penggunaan huruf sebuah berita misalnya. Huruf judul
(headline), subjudul dan tubuh berita (body text) sebaiknya jangan menggunakan
jenis font yang ornamental dan sulit, seperti huruf blackletter yang sulit
dibaca. Desainer grafis lazim juga menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It
Simple Stupid). Prinsip ini bisa diterapkan dengan penggunaan elemen ruang
kosong (white space) dan tidak menggunakan terlalu banyak unsur-unsur aksesoris.
Seperlunya saja.
(+) Keseimbangan
Keseimbangan
adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan
menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip keseimbangan ada dua,
yaitu: keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan informal.
Keseimbangan formal
memberikan kesan sempurna, resmi, kokoh, yakin dan bergengsi. Keseimbangan
formal juga menyinggung mengenai konsistensi dalam penggunaan berbagai elemen
desain. Semisal wana logo. Dalam desain kartu nama desain dibuat dengan full
color (F/C). Tetapi dengan pertimbangan agar desain lebih variatif dan tidak
membosankan, maka pada media desain yang berbeda Anda membuat logo tersebut
dengan warna duotone. Nah, pada kondisi ini, gagasan variasi desain sebaiknya
tidak diperlukan. Apa jadinya kalau logo tersebut adalah logo sebuah produk
barang. Konsistensi juga sangat diperlukan sebagai kesan identitas yang melekat
pada sebuah merek produk. Kita tidak mau konsumen sampai lupa pada produk yang
dijual. Sedangkan keseimbangan informal bermanfaat menghasilkan kesan visual
yang dinamis, bebas, lepas, pop, meninggalkan sikap kaku, dan posmodernis.
(+) Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi,
konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari
komposisi. Contohnya adalah ilustrasi, garis dan teks diberi raster sehingga
memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.
(+) Penekanan
(aksentuasi)
Penekanan dimaksudkan
untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian
desain yang dimaksud. Kalau dalam konteks desain surat kabar ini bisa dilakukan
dengan memberikan kotak raster atas sebuah berita. Hal ini akan mengesankan
pentingnya berita itu untuk dibaca oleh pembaca. Atau juga membesarkan ukuran
huruf pada judul berita, sehingga terlihat jauh berbeda dengan berita lainnya.
Penekanan juga dilakukan melalui perulangan ukuran, serta kontras antara
tekstur, nada warna, garis, ruang, bentuk atau motif.
(+) Irama (repetisi)
Irama merupakan
pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Irama merupakan selisih antara
dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua
nada musik beruntun yang sama. Desain grafis mementingkan interval ruang atau
kekosongan atau jarak antar obyek. Misalnya jarak antarkolom. Jarak antar teks
dengan tepi kertas, jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain
sebagainya.
Unsur- Unsur Desain Grafik
(+) Warna (Color)
Warna merupakan unsur
penting dalam obyek desain. Dalam perwarnaan hendaknya disesuaikan dengan
desain yang akan kita buat. Karena dengan warna orang bisa menampilkan
identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk
visual secara jelas. Dalam prakteknya warna dibedakan menjadi dua: yaitu warna
yang ditimbulkan karena sinar (Additive color) yang biasanya digunakan pada
warna lampu, monitor, TV dan sebagainya, dan warna yang dibuat dengan
unsur-unsur tinta atau cat (Substractive color) yang biasanya digunakan dalam
proses pencetakan gambar ke permukaan benda padat seperti kertas, logam, kain
atau plastik.
(+) Garis
Garis adalah unsur
desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain
sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain.
(+) Bentuk
Bentuk atau shape
adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang
dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), segitiga
(triangle), dan polygon.
(+) Ruang
Ruang merupakan jarak
antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya yang pada praktek desain dapat
dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain. Sebagai contoh, tanpa ruang
Anda tidak akan tahu mana kata dan mana kalimat atau paragraph dan mana yang harus
dilihat terlebih dahulu, kapan harus membaca dan kapan harus berhenti sebentar.
Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur,
yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).
(+) Ukuran
Ukuran adalah unsur
lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Unsur ini
digunakan untuk memperlihatkan mana objek manakah yang kita mau tonjolkan atau
yang mau dipublis karenan dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan
kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan
tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
(+) Tekstur
Tekstur adalah tampilan
permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau
diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari
suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, dan lain
sebagainya.
(3) Perkembangan Desain Grafis Dari Berbagai Media
Desain
grafis memiliki sejarah panjangnya sendiri bersama manusia. Manusia telah
mengenalnya sejak jaman purba, sebelum manusia mengenal tulisan. Manusia mulai
membuat lambang-lambang grafis berwujud gambar(pictograf) pada dinding-dinding
goa sebagai media komunikasi. Seiring dengan perkembangan teknologi dan
kebudayaan manusia, desain grafis pun berkembang. Desain grafis diterapkan
untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan,
sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media
elektronik – yang sering kali disebut sebagai “desain interaktif” (interactive
design), atau “desain multimedia” (multimedia design’)
Pictograf |
Semenjak hadirnya
komputer dalam peradaban manusia, desain pun berkembang semakin cepat. Desain
yang semula hanya berbentuk 2 dimensi, saat ini sudah dapat dinikmati dalam
bentuk 3 dimensi. Pemodelan objek secara 3 dimensi memudahkan pekerjaan
desainer sehingga tidak perlu membuat gambar objek dari berbagai sudut pandang,
melainkan cukup hanya dengan membuat satu objek 3D sekali saja. Objek tersebut
dapat diputar dan dilihat dari berbagai sudut pandang, kemudian di render untuk
menciptakan hasil gambar 2D yang realistis.
Pembuatan objek 3
dimensi ini dapat dimungkinkan karena adanya software-software untuk modelling
objek 3D seperti Google Sketchup, Blender, 3D Studio Max, Maya dan lain-lain.
(4) Pengaruh Kebudayaan & Teknologi dalam Membuat Desain Pemodelan Grafik
Tidak dapat dipungkiri,
banyak hal yang dapat mempengaruhi pembuatan model grafik. Baik dari unsur internal maupun eksternal. Dari banyak unsur
yang ada, disini akan dibahas tentang unsur eksternal yang paling berpengaruh
yaitu :
Pengaruh Kebudayaan
Budaya akan
digunakan sebagai salah satu sumber pemikiran untuk mengembangkan suatu desain
grafis yang menarik dan mengantuk sebuah arti atau makna yang sangat kuat,
banyak sekali kebudayaan kita yang sangat menarik dan dapat digunakan sebagai
desain grafis. Kita ambil contoh kebudayaan dalam hal kerajinan kain daerah,
kerajinan kain daerah ini merupakan warisan dari nenek moyang kita yang sangat
indah sekali dan dapat mengandung arti yang sangat indah, yang dapat dijadikan
sebagai sumber pemikiran dalam membuat desain grafis, seperti kain batik, dan
kain songket yang memunyai motif dan warna yang berbeda – beda yang sangan
indah sekali.
Pengaruh Teknologi
Teknologi juga dapat
mempengaruhi berbagai macam desain yang akan diproduksi dan juga dapat
berpengaruh juga dalam perkembangan di dalam sebuah gaya, seni, dan masyarakat
secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercemin dalam sebuah bentuk desain,
sebuah teknologi juga dapat menawarkan seorang desainer dengan berbagai macam
media yang dapat dipakai dalam proyek – proyek atau tugas –tugas yang sedang
mereka kerjakan.
Jadi, teknologi juga
memiliki peranan (andil) yang cukup besar didalam perkembangan desain grafis.
Dengan perkembangan sebuah teknologi yang semakin maju, maka semakin mudah kita
untuk menciptakan suatu karya dalam desain grafis dengan waktu yang singkat
dengan hasil seperti yang diharapkan.
(5) Bidang Studi yang Berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafik
Ø
Psikologi
Perilaku dan kognitif
dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif
dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang
dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap
pengguna manusia. Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk
mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.
Ø
Sosiologi
Dalam konteks ini
dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur
lingkungannya.
Ø
Ergonomi
Ergonomi
dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan
didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat
kerja dan xlingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek
fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
Ø
Antropologi (Ilmu Manusia)
Dalam konteks ini
dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi
ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi
dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti,
interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok
penulis, dan lain-lain.
Ø
Ilmu Bahasa
Komunikasi
manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis
bahasa, apakah bahasa itu merupakan
‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu,
pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran
mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori
formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam
spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi
matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia
Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi
jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.
Ø
Desain Grafis dan Tipografi
Kemampuan estetika dari
desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain
sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan
powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru
yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.
Jelasnya, tidak ada
individu dapat diharapkan mempunyai pelatihan formal di semua bidang tersebut,
walaupun permintaan cukup tinggi untuk orang dengan latar belakang
multidisipliner, gabungan kemampuan sistem komputer dengan beberapa keahlian
ilmu manusia. Suatu alternatif yang lebih realistis adalah untuk menuju ke
suatu kesadaran akan tingkat pemahaman menyeluruh dari subjek bidang-bidang
yang relevan, mungkin dikombinasikan dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang
atau lebih. Tingkat kesadaran dari ilmu pengetahuan adalah esensi khusus untuk
insinyur dan ilmuwan komputer, yang secara mendasar diharapkan mendesain
antarmuka pengguna-sistem sebagai bagian dari sistem proses desain secara
menyeluruh.
(6) Manfaat Desain Pemodelan Grafik dari Berbagai Bidang
Ø
Di Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada
pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara
nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan
bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang
telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan
simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar
kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
Ø
Di Bidang Hiburan
Tidak memungkiri pada
sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik
komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun
sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi
yang dapat membuat film semakin menarik.
Ø
Di Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik
komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan
dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain
kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad
semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan
yang akan dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu
model yang sama seperti aslinya.
Ø
Di Bidang Budaya
Seperti yang kita tau
bahwa desain pemodelan grafik dapat digunakan dalam berbagai macam hal. Misalnya
seperti dalam hal budaya. Kita dapat melihat desain grafik pada bidang budaya.
Misalnya seperti pahatan batu pada candi-candi di Indonesia, desain gambar pada
batik. Pada pahatan batu yang terdapat dicandi biasanya merupakan gambar-gambar
tentang kehidupan orang-orang pada jaman tersebut. Bisa juga dibalik gambar
pahatan(relif) tersebut berkisah tentang sejarah-sejarah. Sedangkan batik
merupakan seni orang Indonesia dalam hal kerajinan membatik. Gambarnya saja
berbagai macam rupa. Dari gambar binatang dan tanaman sampai akhirnya sekarang
berkembang menjadi gambar bentuk orang, awan, relif, dan banyak gambar lainnya
lagi. Jadi dapat disimpulkan bahwa desain pemodelan grafik pada bidang budaya
berguna sebagai penggambaran sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.
Ø
Di Bidang Teknologi
Desain grafis, seperti
disiplin ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan.
Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi
perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada
gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer
berbagai media untuk proyek-proyek mereka.
SUMBER :
- https://id.wikipedia.org/wiki/Desain
- http://filescentral.us/pemodelan-grafik/
- http://idesainesia.com/perkembangan-desain-grafis
- http://informatikainformatika.blogspot.co.id/2013/01/mengenal-desain-pemodelan-grafik.html
- http://desispectryani.blogspot.co.id/2013/11/desain-pemodelan-grafik.html
- http://www.ilmugrafis.com/artikel.php?page=prinsip-prinsip-desain-grafis
- https://prezi.com/xf3zh204ajbx/prinsip-dan-unsur/
- http://ditryfitrian.blogspot.co.id/2012/11/pengaruh-kebudayaan-dan-teknologi-dalam.html
- http://yudiyahman.blogspot.co.id/2014/11/bidang-study-yang-berkaitan-dengan.html
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Diberdayakan oleh Blogger.
Arsip
Daftar Blog Saya
About Me
- Unknown
Popular Posts
-
Pengertian Stratifikasi sosial berasal dari bahasa Latin 'stratum' yang berarti tingkatan dan 'socius' yang berarti t...
-
Salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya d...
-
POKOK BAHASAN 1 : Teknologi Game, Bisnis dalam Game Komputer, 3D Engine dan Scene Graph Teknologi Game Siapa yang tidak kena...
-
Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) server adalah server yang memiliki layanan untuk memberikan IP secara dinamis atau otomatis kepa...
-
Call of Duty (pertama dirilis pada tanggal 29 Oktober 2003) adalah permainan tembak-menembak orang-pertama dengan engine berdasarkan permai...
-
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi ko...
-
Pertukaran Data Elektronik (Electronic Data Interchange / EDI) adalah transmisi data terstruktur antar organisasi secara elektronis...
-
Cloud Computing atau komputasi awan adalah komputasi berbasis internet, dimana server yang dibagi bersama menyediakan sumber daya, p...
-
1. Pengertian Konflik adalah percekcokan, perselisihan atau pertentangan. Dalam sastra diartikan bahwa konflik merupakan ketegangan atau...
-
Pertama tama salam kenal agan2 pecinta game.. Disini ane selaku newbie di dunia blog ingin ngeshare tentang game2 yang sedang populer saat i...
0 komentar :
Posting Komentar