Internet
Di jaman modern ini penggunaan internet bukanlah hal yang asing lagi. penggunaan internet dibutuhkan oleh kebanyakan orang untuk membantu seseorang mencari informasi penting bagi penggunanya apalagi seseorang dengan mobilitas tinggi pastinya kesehariannya tidak akan lepas dengan internet. yaa karena dengan internet, hampir semua informasi dapat dicari dan ditemukan. Selain itu, dengan internet kita juga dapat berinteraksi dan bertukar informasi dengan sesama pengguna internet lewat jejaring sosial yang sudah banyak saat ini
Trus seberapa penting sih penggunaan internet bagi kehidupan manusia? sebelum itu, lebih baik kita liat dulu arti dari internet itu sendiri
Pengertian Internet
Internet berasal dari tiga kata, yaitu inter, connection, dan networking. Inter merupakan singkatan dari international , Connection mempunyai arti ‘hubungan’, dan Networking berarti ‘jaringan’. Jadi dapat disimpulkan Pengertian Internet adalah teknologi atau yang menghubungkan beberapa komputer atau beberapa jaringan komputer diseluruh dunia untuk berkomunikasi tanpa batasan ruang dan waktu dengan bantuan TCP/IP yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju
Sejarah Internet
sebelum internet dapat diakses dengan sangat mudah seperti sekarang ini, internet mengalami banyak proses
Internet pertama kali diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan pertama kali dicoba pada tahun 1969. Pada awal keberadaan internet sendiri serasa sangat diperlukan hanya untuk kebutuhan militer saja untuk menghubungkan komputer satu didaerah dengan komputer lainnya didaerah lain agar dapat bertukar informasi secara cepat.
Berikutya pada tahun 1972 tepatnya pada bulan Oktober Apranet sebagai pemegang proyek yang manangani pembuatan internet akhirnya memperkenalkan internet untuk kepentingan pendidikan yang ditujukan untuk non-militer dan menyatukan beberapa universitas negara Amerika sehingga membentuk suatu jaringan terpadu dan secara umum antara lain adalah universitas Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.
Tahun 1971 - Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas yang menjadikan sebuah sejarah internet dimana Apranet dapat membagi dua proyek antara internet militer dan non milter.
Tahun 1972 - Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet".
Tahun 1972 sampai 1974 - Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
Tahun 1973 - ARPANET ke luar Amerika Serikat dapat menjadi sebuah sejarah internet yang sangat penting dimana pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.
Tahun 1974 - Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection". Di tahun yang sama Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
Tahun 1977 - Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
Tahun 1978 - Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).
Tahun 1979 - Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis. Pada tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
Awal Tahun 1980-an - Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia. Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung. Layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP). CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
Tahun 1982 - Istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
Tahun 1986 - Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.
Tahun 1988 - Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1990 - Tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992 - komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet.
Tahun 1994 - Situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.
Perkembangan Internet
Perkembangan internet dari masa ke masa pun sangat signifikan dari tujuan militer, sekarang internet berubah haluan untuk mempermudah pekerjaan dan kebutuhan manusia
Adanya teknologi informasi seperti internet ini telah membuka mata dunia
akan sebuah dunia baru, interaksi baru, market place baru, dan sebuah
jaringan bisnis dunia yang tanpa batas. Dunia di dalam Internet disebut
juga dengan dunia maya (cyberspace). Hadirnya Internet sebagai sebuah
infrastruktur dan jaringan telah menunjang efektifitas dan efisiensi
operasional sebuah perusahaan, terutama peranannya sebagai sarana
komunikasi, publikasi, serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi
yang dibutuhkan. Informasi dalam Internet umumnya disebarkan melalui
suatu halaman website yang dibuat dengan format bahasa pemrograman HTML
(Hypertext Markup Languange).
Internet telah mengubah pola interaksi masyarakat, yaitu; interaksi bisnis,
ekonomi, sosial, dan budaya. Internet telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi masyarakat, perusahaan / industri maupun pemerintah.
Hadirnya Internet telah menunjang efektifitas dan efisiensi operasional
perusahaan, terutama peranannya sebagai sarana komunikasi, publikasi,
serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh
sebuah badan usaha dan bentuk badan usaha atau lembaga lainya.
Konsep B to B (Busines to Business), B to C (Business to
Customer), telah banyak diterapkan oleh sebagian besar perusahaan di
dunia. Bahkan terakhir akan merambah ke sektor Government, dengan konsep
G to G (Government to Government), G to C (Governement to Customer),
serta G to B (Government to Business). Tingkat pertumbuhan pengguna
internet juga menunjukan angka yang sangat fantastik, bahkan internet
telah menjadi bagian kebutuhan dalam sebuah rumah tangga. Fenomena ini
menunjukan bahwa 5 sampai 10 tahun yang akan datang teknologi informasi
akan menguasai sebagian besar pola kehidupan masyarakat, badan usaha
maupun pemerintah.
Berkembangnya komunikasi dalam internet
Komunikasi dalam Internet disebut computer mediated communication
(CMC). CMC ini memfasilitasi manusia dengan aplikasi yang beragam, salah
satunya media sosial. Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari
adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan
dunia. Menurut Kaplan & Heinlein (2010) bahwa media sosial terdiri
dari :
- Collaborative project : Suatu media social yang dapat membuat sebuah konten dan di dalam pembuatannya dapat di akses oleh seluruh khalayak secara global, contohnya : Wiki, dan aplikasi bookmark social.
- Blogs and Microblogs : Suatu website yang menyampaikan mengenai opini, pengalaman, atau kegiatan sehari – hari, dimana aplikasi ini dapat membantu penggunanya untuk tetap posting mengenai pernyataan apapun
- Content Communities : Sebuah aplikasi yang bertujuan untuk saling berbagi dengan orang lain, baik dengan jarak jauh maupun dekat (berbagi gambar, video, eboook, dan lain – lain)
- Social Networing Sites : Sebuah situs yang membantu seseorang untuk membuat sebuah profile dan dapat menghubungkannya dengan pengguna lain (Instagram, Path, Facebook, Twitter, dan lain – lain)
- Virtual Games : Permainan dunia virtual, dimana mereplikasikan lingkungan 3D, dan user bisa muncul dengan avatar – avatar yang diinginkannya.
- Virtual Social : Merupakan sebuah aplikasi yang mensimulaskan kehidupan melalui internet, situs ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan menggunakan sebuah avatar yang mirip kehidupannya.
Dampak Internet
Dampak Positif
Internet pada mulanya diciptakan untuk bertukar informasi di bidang kemiliteran. Tapi saat ini penggunaan internet hampir bisa dipakai oleh semua orang di dunia untuk bertukar informasi. Tidak hanya bertukar informasi saja tapi internet saat ini juga bisa untuk media interaksi. interaksi yang biasanya harus menimbulkan kontak fisik tapi dengan internet, seseorang dapat berinteraksi dengan orang lain tanpa kontak fisik seperti halnya bisnis online.
Tidak hanya itu tetapi internet dijadikan juga sebagai media sosial. Dimana kita bisa berteman online dan chatting dengan orang dekat kita ataupun orang jauh. Dalam bidang pendidikan apalagi sangat jelas membantu para murid dapat mendapatkan informasi yang sangat banyak untuk menambah pengetahuan. Belum lagi saat ini sudah ada fitur virtual class yang dimana antara pengajar dan murid tidak perlu bertemu langsung untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar
Selain yang disebutkan diatas, internet juga digunakan sebagai media pertukaran data (download - upload). Dengan download kita bisa mendapatkan data yang dianggap penting dari seseorang dan dengan upload kita bisa berbagi data yang dinggap penting dengan seseorang. Dan terakhir juga internet dapat dijadikan sarana hiburan seperti halnya games online misalnya
Dampak Negatif
Dengan banyaknya dampak positif yang ada, tidak dapat dipungkiri pasti adanya oknum yang menyalahgunakan internet. Seperti penyebaran situs porno yang banyak di internet. jika kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak, situs - situs ini akan merusak moral anak - anak khususnya para remaja. Selanjutnya oknum - oknum tidak bertanggung jawab bisa saja mencuri data - data penting yang kita miliki. oknum ini biasa disebut sebagai hacker
Dengan tercantumnya data pribadi kita di beberapa jejaring sosial, oknum tidak bertanggung jawab bisa saja melakukan tindak kriminal terhadap kita dengan bantuan data pribadi di jejaring sosial seperti alamat. Dan dengan data pribadi tersebut oknum - oknum tidak bertanggung jawab juga bisa dengan mudahnya melakukan penipuan terhadap kita dengan berbagai macam bentuk seperti halnya menang undian, penipuan bisnis online, dll
SUMBER :
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Diberdayakan oleh Blogger.
Arsip
Daftar Blog Saya
About Me
- Unknown
Popular Posts
-
Pengertian Stratifikasi sosial berasal dari bahasa Latin 'stratum' yang berarti tingkatan dan 'socius' yang berarti t...
-
Salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya d...
-
POKOK BAHASAN 1 : Teknologi Game, Bisnis dalam Game Komputer, 3D Engine dan Scene Graph Teknologi Game Siapa yang tidak kena...
-
Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) server adalah server yang memiliki layanan untuk memberikan IP secara dinamis atau otomatis kepa...
-
Call of Duty (pertama dirilis pada tanggal 29 Oktober 2003) adalah permainan tembak-menembak orang-pertama dengan engine berdasarkan permai...
-
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi ko...
-
Pertukaran Data Elektronik (Electronic Data Interchange / EDI) adalah transmisi data terstruktur antar organisasi secara elektronis...
-
Cloud Computing atau komputasi awan adalah komputasi berbasis internet, dimana server yang dibagi bersama menyediakan sumber daya, p...
-
1. Pengertian Konflik adalah percekcokan, perselisihan atau pertentangan. Dalam sastra diartikan bahwa konflik merupakan ketegangan atau...
-
Pertama tama salam kenal agan2 pecinta game.. Disini ane selaku newbie di dunia blog ingin ngeshare tentang game2 yang sedang populer saat i...
0 komentar :
Posting Komentar